Entri Populer

Rabu, 30 Januari 2013

KRITERIA AIR MINUM YANG LAYAK UNTUK DIKONSUMSI


Air adalah unsur yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Bahkan dapat dipastikan tanpa pengembangan sumber daya air secara konsisten peradaban manusia tidak akan mencapai tingkat yang dinikmati sampai saat ini. Oleh karena itu pengembangan dan pengolahan sumber daya air merupakan dasar peradaban manusia.

Dari Pengertian dan Definisi Air maka dapat di ambil kesimpulan bahwa salah satu faktor penting penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk kebutuhan air minum. Air bersih merupakan air yang harus bebas dari mikroorganisme penyebab penyakit dan bahan-bahan kimia yang dapat merugikan kesehatan manusia maupun makhluk hidup lainnya. Air merupakan zat kehidupan, di mana tidak ada satu pun makhluk hidup di bumi ini yang tidak membutuhkan air.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/menkes/sk/xi/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan industri terdapat pengertian mengenai Air Bersih yaitu air yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari dan kualitasnya memenuhi persyaratan kesehatan air bersih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat diminum apabila dimasak. Parameter kualitas air bersih yang ditetapkan dalam PERMENKES 416/1990 terdiri atas persyaratan fisik, persyaratan kimiawi, persyaratan mikrobiologis.

Berikut ini adalah Persyaratan Air Layak Dikonsumsi:
  1. Persyaratan  Fisik
Persyaratan fisik yang harus dipenuhi pada air minum yaitu harus jernih, tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna. Sementara suhunya sebaiknya sejuk dan tidak panas. Selain itu, air minum tidak menimbulkan endapan. Jika air yang kita konsumsi menyimpang dari hal ini, maka sangat mungkin air telah tercemar.
  1. Persyaratan Kimia
Dari aspek kimiawi, bahan air minum tidak boleh mengandung partikel terlarut dalam jumlah tinggi serta logam berat (misalnya Hg, Ni, Pb, Zn,dan Ag) ataupun zat beracun seperti senyawa hidrokarbon dan detergen. Ion logam berat dapat mendenaturasi protein, disamping itu logam berat dapat bereaksi dengan gugus fungsi lainnya dalam biomolekul. Karena sebagian akan tertimbun di berbagai organ terutama saluran cerna, hati dan ginjal, maka organ-organ inilah yang terutama dirusak
  1. Persyaratan Mikrobiologis
Bakteri patogen yang tercantum dalam Kepmenkes yaitu Escherichia Colli, Clostridium Perfringens, Salmonella. Bakteri patogen tersebut dapat membentuk toksin (racun) setelah periode laten yang singkat yaitu beberapa jam. Keberadaan bakteri Coliform (E.Coli tergolong jenis bakteri ini) yang banyak ditemui di kotoran manusia dan hewan menunjukkan kualitas sanitasi yang rendah dalam proses pengadaan air. Makin tinggi tingkat kontaminasi bakteri coliform, makin tinggi pula risiko kehadiran bakteri patogen, seperti bakteri Shigella (penyebab muntaber), S. Typhii (penyebab Typhus), Kolera, dan Disentri.

Nah demikian pembahasan mengenai kriteria air yang layak untuk dikonsumsi. Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan maka kita harus cermat dalam memperhatikan air minum yang akan kita konsumsi. Air yang kita konsumsi harus jernih, tidak berwarna, tidak berbau, tidak mengandung bakteri, tidak mengandung campuran yang bias merusak organ tubuh seperti seng atau zat besi, dan tidak berasa.
Nah untuk air dengan kondisi yang dibawah standart kesehatan diatas sangat dianjurkan memiliki sarana atau insfrastruktur pengolahan air, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas air yang ada menjadi lebih baik. Hal ini wajib dilakukan demi menjaga kesehatan dan kelangsungan hidup kita dan juga generasi setelah kita. Mengingat bahwa tidak semua kondisi air yang buruk itu terlihat mata, maka lebih baik kita mengantisipasi dengan menggunakan sarana pengolahan atau penyaringan air yang sudah ada dan terbukti keunggulanya.

Sumber : http://yukiwaterfilter.com/in/articles.html

6 komentar:

  1. numpang share info:

    Bro / Sis tau kan bahwa 90% tubuh kita mengandung air? bisa bayangkan bila air yang setiap hari kita minum kurang baik kualitasnya, maka apa jadinya tubuh kita?

    Mau jauh lebih sehat? ya segalanya dimulai dari hal yang paling dasar tapi PENTING, YAITU GANTI AIR MINUM ANDA DGN QQ ION WATER BOTTLE.

    mw lihat dasyat'y QQ Ion Water Bottle? lihat aja video Demo Sederhana QQ Ion Water Bottle berikut ini: http://youtu.be/nUJdtYjbudU

    *Produk yg kami tawarkan adalah QQ Ion Water Bottle yaitu Botol berikut dengan Filter dan air didalam botol berasal dari air minum anda sehari-hari yang nanti'y akan di proses didalam botol QQ tersebut (bukan air didalam botol'y dan sekali minum habis sprti air mineral diluaran). Untuk Filter dapat diganti dgn yang baru setelah 6bulan pemakaian.

    APA ITU QQ ION WATER?
    QQ ION WATER adalah air minum yang telah melalui 6 tahap purifikasi dgn Kenkouseki Ceramic lisensi dari Jepang, yang menghasilkan air berkualitas tinggi krna mengandung ALKALI dan OKSIGEN, serta mineral lainnya dan pastinya itu semua sangat dibutuhkan dan berkhasiat sekali bagi tubuh kita.

    APA AJA KHASIAT QQ ION WATER?
    - sebagai powerfull antioxidant
    - menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes
    - mengurangi resiko osteoporosis
    - menurunkan kadar asam urat
    - meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit
    - mengikat lemak berlebih jadi bisa untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal
    - dan masih banyak lagi, kalau saya masukan semua tidak akan muat lho hehehe. Agan/Aganwati bisa contact saya untuk info khasiat lain.

    KENAPA HARUS QQ ION WATER Bottle?
    Karena QQ ION WATER bottle sudah sangat teruji dan mendapatkan sertifikat FDA (Food & Drugs Administration, BPOM'y Amerika yang bertaraf internasional), jadi bukan sekedar sertifikat taraf nasional seperti kebanyakan produk pesaing. Yang pasti'y untuk mendapat Sertifikat FDA jauh lebih sulit dan harus lolos FDA TEST yang ketat.

    Selain itu QQ ION WATER Bottle juga jauh lebih praktis, karena dapat dibawa kemana-mana sehingga kapanpun dan dimanapun Anda berada tetap dapat minum AIR BERKUALITAS.

    Dan pastinya, QQ ION WATER cocok untuk segala umur, dari balita hingga dewasa dan lansia.

    BERAPA HARGANYA? PASTI MAHAL? TENANG Bro n Sis. Diluaran sana memang banyak produk sejenis dgn merk berbeda, tapi harga jauh lebih mahal, bisa mencapai 1.500.000, tapi saat ini QQ ION WATER Bottle lagi ada promo untuk Anda yang ingin segera ganti air minumnya jadi air yang lebih berkualitas.

    Dari Harga Normal Rp. 550.000 belum termasuk ongkir, kini Agan/Aganwati cukup dengan Rp. 400.000 sudah bisa mendapatkan QQ ION WATER + FREE ONGKIR SELURUH INDONESIA. WOW BGT KAN? Diskon sampai Rp. 150.000 LHO!!!

    Dan untuk 10 Pembeli Pertama setiap harinya, akan mendapatkan tambahan bonus G-Power Bracelet, Gelang kesehatan yang juga ngak kalah banyak manfaatnya dengan QQ ION WATER, Gelang G-Power senilai 200.000 akan menjadi milik Anda secara cuma-cuma bila Anda pesan QQ ION WATER SEKARANG JUGA. Gelang Sporty n Healthy yaa G-Power Bracelet.

    Minat? Langsung Hub saya:
    Leon
    316BF601
    088808714636.

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas informasi yang di berikan,,,,

    BalasHapus
  3. Terimakasih untuk artikelnya,sangat bermanfaat sekali.
    Saya menyarankan situs saya

    Mesin Kangen Water
    Kangen Water

    BalasHapus
  4. Mizuco Biyang nyai alkali. Praktis simple.
    Silakan tonton Videonya.
    https://powerplan4u.co.id/mainkan

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum ,

    Fenomenal AIR ALKALINE menjamur di indonesia.

    " BERBAGAI JENIS DAN MEREK AIR DALAM KEMASAN "
    Dari merk A, B, C, D, E Sampai Z.

    Semuanya itu baik untuk terapy pengobatan.

    bahkan omset penjualan air minum tertinggi saat ini : AIR ALKALINE.

    namun di sisi lain ada kekurangnya, yaitu :
    1. Expedisi (pengiriman).
    2. Harga (mahal).
    3. Berat (mesti bawa-bawa air).

    Mizu'Co pH Booster.
    hadir memberikan solusi itu semua.

    Fungsi Mizu'Co :
    √ kaya akan oksigen.
    √ meningkatkan pH asam menjadi pH basa ( alkali ).
    √ sebagai antioksidan.
    √ micro claster/hexagonal.

    AIR ALKALI jika dikonsumsi setiap hari secara rutin dapat mendatangkan efek sembuh bagi beberapa penyakit degeneratif dan sekaligus meredakan & mengantisipasi gejalanya dengan cepat, aman, nyaman, tuntas dan tanpa efek samping??

    Penyakit degeneratif seperti :
    1. Asam urat, reumatik, encok, sakit persendian dan Stroke
    2. Kolestrol dan trigliserida
    3. Jantung, lemak jantung, koroner dll
    4. Gula darah dan diabetes melitus, obesitas
    5. Hipertensi dan Anemia
    6. Vertigo, migrain dan pusing akibat syaraf
    7. Lambung, maag akut
    8. Usus, konstipasi usus dan usus buntu.
    9. Hati, hepatitis dan fungsi hati
    10. Paru-paru, TBC, bronchitis, flek, dll

    Bagaimana kita bisa mendapatkan air alkali ???

    1. Anda bisa beli mesinnya...
    Harga -/+ 50 Juta..
    (Haaa mahal sekali).

    2. Anda bisa beli AIRNYA...
    Harga Rp.10rb s/d Rp.35rb perbotol..
    (Repot Mesti Bawa-bawa Air).

    3. Bagaimana jika Anda beli Biangnya...

    MIZU'CO mineral alkali drop.
    Harga member Rp.450.000 dapat 4 botol isi @15 ml.
    4 botol MIZUCO = 600ml = 600 tetes / drop

    1 botol MIZU'CO = 150 tetes.
    1 tetes MIZU'CO untuk 500ml
    AMDK (Air Minum Dlm Kemasan)

    Artinya :
    450.000 : 600 = cuma Rp.750 /drop
    (Simpel, Murah & Mudah)

    "Apapun air mineralnya ...
    Mizu'Co mineral Alkalinya".

    Info lengkap klik >>

    https://powerplan4u.co.id/mainkan
    Berminat silahkan hubungi :
    Whatsapp : 08122485942

    Wassalam ,

    Info lengkap
    Klik :https://powerplan4u.co.id/mainkan

    Info Keagenan :
    WA : 08122485942
    HP : 08122485942

    BalasHapus