Entri Populer

Jumat, 19 April 2013

BAHAYA ES BATU BAGI KESEHATAN


Cuaca pada saat ini sangat sulit diprediksi kadang panas kadang hujan sehingga membuat kondisi tubuh sulit untuk beradaptasi terhadap cuaca yang tidak menentu. Ketika cuaca panas melanda, terik matahari yang begitu panas membuat setiap orang akan merasa kehausan, dan yang terbayang untuk mengatasi kehausan adalah minuman dingin yang dapat menghilangkan rasa haus seketika. Tapi tahukah anda dibalik minuman dingin tersebut terdapat benda padat yang sering disebut ES BATU  ternyata berakibat buruk bagi kesehatan?

Kebanyakan es batu atau es balok dibuat menggunakan air mentah. Tak jarang airnya berasal dari sungai yang disuling dan ditambahkan bahan kimia sebagai penjernih. Kemudian dimasukan ke dalam pendingin dan jadilah es batu atau es balok. Harga untuk satu es balok cukup murah hanya berkisar Rp 6.000 sampai Rp 7.000. Selain menggunakan bahan berbahaya, proses pembuatan es batu di pabrik tidak dilakukan secara bersih dan steril. Menurut ahli pangan, bakteri yang ada dalam air mentah tidak mati meski dalam kondisi beku. Bakteri baru bisa mati jika lama berada di lingkungan beku. Jika masuk ke dalam tubuh, bakteri ini bisa membahayakan kesehatan.
Sejak dibuat sampai ke tangan pembeli, es balok selalu tidak dilengkapi kemasan yang baik, padahal bakteri atau virus penyebab penyakit selalu mengancam di tempat yang tidak terlindungi. Saat disimpan di depot, es hanya ditutup oleh kain atau karung yang tidak dijamin kebersihannya. Masyarakat juga sulit membedakan es batu yang sehat dan tidak. Karena itu kewaspadaan dari para konsumen yang menjadi penentunya.
Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh salah satu TV swasta untuk mengetahui kandungan dalam es batu. Tim investigasi dari TV tersebut mengambil contoh secara random di beberapa penjual yang mencampurkan Es Batu pada aneka minuman yang mereka jual. Lalu tim tersebut membawanya ke laboratorium untuk mengetes kandungan dari es tersebut. Hasilnya sungguh menakutkan dan mengejutkan setiap orang. Ternyata dalam es itu terkandung bakteri E-COLI jauh di atas batas normal (10.000 – 20.000 per 100 mL). Dengan lain kata, Es Batu ini mengandung bakteri hampir Setara dengan kotoran manusia. Yang dapat diartikan bahwa air Es Batu lebih kotor dari pada air toilet.  Mulai sekarang anda harus extra hati-hati jika suka mengkonsumsi minuman dingin di warung tepi jalan atau restoran siap saji.
Berikut terdapat beberapa saran untuk mengkonsumsi es batu:
1.      Sebaiknya tidak membiasakan minum minuman yang dicampur es batu yang banyak dijual di warung di tepi-tepi jalan. Jika terpaksa minta saja minuman yang hangat.
2.      Kriteria Es yang baik adalah es yang dibuat dari air masak. Jika belum dimasak maka pastikan bahwa air yang akan dijadikan es itu belum tercemar seperti mata air pegunungan.
3.      Minumlah es yang dalam proses pembuatannya benar-benar steril. Steril maksudnya adalah es itu bersih dan aman untuk diminum.
Untuk itu lebih baik kita memperbanyak konsumsi air putih yang tidak dicampur dengan es batu apabila kita merasa kehausan. Karena air putih merupakan salah satu hal yang baik bagi kesehatan. Apabila ingin mengkonsumsi minuman dingin atau dengan es batu lebih baik kita membuat es batu sendiri dengan menggunakan air yang sudah masak sehingga lebih baik bagi kesehatan tubuh kita. Namun hal itu tentunya harus didukung pula dengan sarana alat sterilisasi yang baik.
Yuki Water Treatment merupakan salah satu perusahaan pengolahan dan penyaringan air pertama di Indonesia, Didirikan pada tahun 1980an, Yuki Water Treatment memiliki pengalaman hampir 30 tahun menangani berbagai masalah air keluarga Indonesia, yang meliputi masalah air diperumahan, perkantoran, restoran, dan sector industry. Oleh karena itu, Yuki Water Treatment sangat memahami apa yang menjadi kebutuhan setiap pelanggan serta memberikan solusi terbaik akan kebutuhan air anda.
Bekerjasama dengan perusahaan VIQUA dari kanada yang berpengalaman lebih dari 35 tahun. Dalam penelitian dan pengembangan serta pembuatan teknologi UV – Ultra Violet. Sebagai bagian dari Danaher Group Corporation yang memiliki lebih dari 59.000 karyawan di 125 negara, keahlian VIQUA tidak perlu diragukan lagi. 

UV Sterilight merupakan sebuah alat filter yang mampu mengubah air bersih sehingga menghasilkan air yang siap untuk dikonsumsi dengan kondisi yang sehat, steril, dan aman. Dalam prosesnya menggunakan teknologi penyinaran UV yang memastikan membunuh bakteri, virus, fungi, protozoa yang terkandung di dalam air. Hingga saat ini sistem filterisasi menggunakan teknologi penyinaran UV adalah satu-satunya yang mampu membasminya. 

Keunggulan menggunakan UV STERILIGHT:
·         UV Sterilight mampu menghancurkan bakteri dan virus berbahaya dalam air hingga 99,99%, sehingga air yang digunakan steril.
·         UV Sterilight dirancang khusus dan sudah teruji mampu memberikan kegunaan yang konsisten dan bermutu dalam disinfeksi air hingga 9.000 jam, oleh sebab itu kita dapat menghemat waktu dan biaya karena penggantian bohlam dilakukan cukup 1 tahun sekali.
·         Material alat ini menggunakan stainless-steel (304 SS) berkualitas tinggi sehingga tahan lama dan bergaransi hingga 7 tahun, jadi sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis karena anti karat dan higienis.
·         Tidak mengubah warna air, membuat bau dan mengubah rasa air, sehingga tidak akan memberikan pengaruh negatif terhadap makanan dan minuman.
·         Memiliki alarm yang berfungsi untuk memberitahu sisa masa pemakaian bohlam dan kerusakan pada bohlam UV, serta memonitor jumlah output ultraviolet. Hal ini membantu anda untuk dapat mengganti bohlam pada waktunya sehingga terhindar dari kerusakan yang lebih besar.
·         Kualitasnya telah mendapat pengakuan CSA (Certified Securities Analyst) International dan CE (ConformitĂ© EuropĂ©enne) Eropa. Ini merupakan sebuah jaminan yang diakui dengan taraf internasional.
·         Hanya membutuhkan daya listrik sebesar 40 watt atau setara dengan energi pada satu buah lampu. Sehingga sangat hemat biaya. 

Mulailah merubah pola hidup kita jadi lebih sehat dengan cara kita lebih peduli dengan air minum yang kita konsumsi. Gunakan sarana filterisasi yang sudah terbukti keunggulannya. Karena awali hidup sehat anda dengan air minum yang sehat.
Sumber : http://www.yukiwaterfilter.com/in/artikel-147-bahaya-es-batu-bagi-kesehatan-.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar