Entri Populer

Rabu, 16 Mei 2012

Meja Kerja Melingkar Bahayakan Tulang Belakang

Tulang belakang akan mengalami pergeseran terus-menerus dan otot akan berkontraksi berlebihan.

Bentuk meja kerja yang melingkar atau mengelilingi kursi kerja ternyata berbahaya bagi kesehatan tulang belakang.

Hal tersebut diungkapkan oleh ahli bedah saraf dari Bangkok Hospital, Thailand, dr Supreecha Kapiya dalam seminar kesehatan bertajuk Lower Back Pain; Causes, Treatments and Preventions, di Pangkalpinang, Minggu (13/5).

"Bentuk ruang kerja yang terdiri atas meja-meja yang mengelilingi kursi sehingga menyebabkan kita harus berputar selama bekerja untuk mengambil ini dan itu, sementara kita tetap duduk di kursi putar membahayakan tulang punggung," imbuhnya.

Ini dikarenakan, lanjut Supreecha, tulang punggung akan mengalami pergeseran terus- menerus saat seseorang harus berputar 360 derajat.

"Selain itu otot akan berkontraksi berlebihan sehingga menjadi beban bagi tulang punggung," kata dia.

Lebih lanjut Supreecha menyarankan, agar orang yang pekerjaannya mengharuskan duduk lama supaya sering berdiri dan melakukan peregangan.

"Tiap tiga jam harus berdiri dan melakukan peregangan agar otot rileks dan tulang punggung tidak mengalami peradangan, karena kurang gerak dapat menyebabkan sakit punggung bawah," kata dia.

Selain itu, pemilihan jenis kursi yang nyaman dan sesuai anatomi tubuh juga dibutuhkan.

Dr Supreecha mengatakan saat duduk lama, kedua telapak kaki harus bertumpu pada permukaan lantai, kalau tidak sampai maka perlu penopang kaki untuk menghindari sakit punggung.

"Nyeri tulang punggung bawah memang tidak berbahaya bagi kesehatan kecuali ada gejala-gejala lain yang menyertainya seperti demam dan tumor, tapi kalau dibiarkan dapat mengganggu," kata dia.

Sumber: BeritaSatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar