Entri Populer

Senin, 28 Januari 2013

INI DIA MINUMAN PENGHANGAT TUBUH


Pada umumnya orang menyikapi cuaca dingin dengan mengkonsumsi minuman yang dapat penghangat tubuh. Orang luar negeri biasa menepis rasa dinginnya dengan meminum minuman yang beralkohol karena dapat menghangatkan tubuhnya. Akan tetapi sebagian orang berpendapat bahwa minuman beralkohol di larang oleh agama sehingga mereka memilih alternatif lain sebagai minuman penghangat tubuh.

Berikut minuman penghangat tubuh yang berasal dari Indonesia yang bebas dari alkohol dan sehat untuk dikonsumsi karena memiliki khasiat yang baik untuk tubuh kita. yuukk kita lihat bersama…

1.    Wedang Jahe
Wedang jahe adalah salah satu minuman yang cocok di minum pada saat musim dingin karena dapat menghangatkan tubuh. Wedang jahe hanya berisi air jahe hangat saja. Cara membuatnya pun mudah dan bahan-bahan untuk membuatnya pun sangat mudah untuk di cari. Cara membuatnya hanya dengan jahe merah, air, gula merah, gula pasir, merica hitam, kapulaga cengkih, serai dan daun pandan.
Selain untuk menghangatkan tubuh, wedang jahe yang memiliki kandungan jahe merah juga memiliki manfaat lain yaitu untuk menambah stamina pria.

2.    Wedang Ronde
Wedang ronde adalah minuman tradisional khas Jawa. Berbeda dari wedang jahe yang hanya berisi air jahe hangat, wedang ronde juga di isi dengan kacang tanah yang disangrai, kolang-kaling, potongan roti tawar, dan tentunya ronde itu sendiri. Ronde terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang tanah dan gula merah. Teksturnya yang kenyal terasa seperti kue moci, ketika digigit gula merahnya terasa  meleleh di dalam mulut. Beberapa pedagang menyajikan wedang ronde dengan tape ketan atau dibubuhi susu kental manis.
Selain untuk menghangatkan badan, wedang jahe dan wedang ronde dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, menghilangkan mual, dan juga meningkatkan stamina. Pedagang wedang ronde biasanya menggunakan pikulan dan berkeliling di wilayah perumahan atau universitas.

  3.    Sekoteng
Sekoteng adalah salah satu minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Sekoteng hampir sama dengan wedang ronde hanya saja bahan untuk membuat sekoteng ditambahkan dengan kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti. Selain itu sekoteng juga tidak memakai ronde dan tidak memakai tape ketan.
Sekoteng biasanya di jual keliling dengan menggunakan gerobak pikul. satu sisi untuk panic air jahe beserta kompornya sedangkan sisi lainnya adalah tempat bahan campuran dan tempat mempersiapkan sekoteng.

4.    Bajigur
Minuman khas tanah Sunda ini terbuat dari gula aren, jahe, santan, daun pandan, serta beberapa rempah. Terkadang, bajigur juga kerap disajikan dengan butiran jelly atau kolang-kaling. Rasanya yang manis dan gurih membuat pedagang bajigur kerap menjual pisang rebus, ubi dan kacang rebus sebagai teman minum bajigur. Karena memiliki kandungan jahe, bajigur cocok diminum di udara dingin.

5.    Bandrek
Sempat menjadi oleh-oleh wajib ketika mengunjungi Bandung, bandrek kini semakin mudah didapat. Ada yang menggunakan campuran daging kelapa (bandrek kelapa) ataupun dikombinasikan dengan susu kental manis (bandrek susu). Bandrek adalah minuman yang terbuat dari campuran gula aren dan jahe. Untuk menambah efek hangat, bandrek menggunakan lada, cengkeh, kayu manis, pandan, dll. Selain memberikan efek hangat, bandrek juga dapat berfungsi sebagai pelega tenggorokan

6.    Bir Pletok
Meski memakai nama bir, minuman yang satu ini justru tidak mengandung alkohol sama sekali. Bir pletok adalah kreasi suku Betawi yang ingin mengonsumsi bir layaknya para penjajah Belanda. Hasilnya, mereka pun mengkombinasikan jahe, lada hitam, daun pandan, sereh, cabe jawa, dan gula. Untuk menimbulkan warna merah pekat, bir pletok diberi tambahan berupa kayu secang yang diseduh air panas. Nama “pletok” sendiri muncul karena bir pletok disajikan di dalam gelas bambu dan es batu yang menghasilkan bunyi pletak-pletok yang muncul ketika keduanya bertemu. Sementara versi lain mengatakan bahwa nama pletok muncul dari bunyi kapulaga yang merekah ketika bir tengah direbus.

Bir pletok memiliki rasa yang sangat unik. Hamper sama dengan wedang dan agak sama dengan  jamu, namun jauh lebih pedas. Bir Indonesia ini bermanfaat untuk mencegah masuk angin, radang tenggorokan, menghilangkan lelah, susah tidur, batuk, mencegah perut kembung, dan konon katanya berkhasiat pula untuk menghaluskan kulit.

Minuman diatas tersebut sangat cocok dikonsumsi untuk minuman saat musim penghujan seperti ini. Dengan berbagai macam minuman hangat tersebut tentunya menambah tubuh kita jadi lebih bugar dan sehat, karena minuman tersebut menggunakan bahan-bahan alami. Anda pilih yang mana, selamat mencoba yaa,.. 

Sumber : http://yukiwaterfilter.com/in/articles.html

2 komentar:

  1. resepnya kurang detailo, brp grm jahe, kapolaga, sereh dll. Boleh dilengkapi bro?

    BalasHapus
  2. Sudah tahukah anda, berapa total hadiah kontes seo minuman berenergi aman tidak berbahaya Kratingdaeng?
    Juara 1 aja dapet 6 juta dan masih ada 5 hadiah lagi untuk juara lainnya, buruan ikutan. Informasi selengkapnya silakan
    klik disini>> minuman berenergi aman tidak berbahaya

    Silakan kunjungi juga website kami yang menyediakan perhiasan xuping, untuk aksesoris dan bisa membuat anda tampil keren dan cantik bila memakai perhiasan tersebut.
    Info selengkapnya silakan klik disini>> toko perhiasan

    BalasHapus