Entri Populer

Rabu, 22 Mei 2013

DAMPAK PERUBAHAN CUACA


Cuaca adalah suatu fenomena atau perubahan yang terjadi di wilayah tertentu yang menunjukkan adanya perubahan aktifitas alam seperti hujan, panas matahari, atau mendung. Kurun waktu dalam memperkirakan perubahan cuaca ini lebih pendek daripada penentuan iklim.

Adanya perbedaan cuaca antara satu tempat dengan tempat lainnya disebabkan oleh perbedaan kelembaban udara serta suhu di tempat tersebut. Hal ini bisa terjadi karena sudut pemanasan matahari di satu tempat dengan tempat lain tidak sama. Perubahan cuaca maupun iklim di bumi dapat berpengaruh pada setiap makhluk hidup yang ada di dalamnya, termasuk karakteristik serta jenisnya.


Akhir-akhir ini cuaca seakan tidak lagi bersahabat dengan manusia. Suhu udara saat siang hari terasa sangat panas dan terik, bahkan terasa menyengat di kulit. Tetapi pada malam hari suhu udara terasa dingin, lalu keesokan harinya hujan turun. Seharusnya hujan turun pada bulan Oktober-April. Tetapi yang terjadi sekarang, hingga saat ini hujan seolah hanya ingin membasahi tanah-tanah yang kering karena panas. Dampak perubahan cuaca yang seperti ini memang dapat langsung dirasakan salah satunya adalah sakit kepala dan migran. perubahan cuaca juga bisa merubah kebiasaan pola hidup termasuk ketidakmampuan tidur dan berdampak pada penyakit lainnya. Perubahan cuaca yang sangat ekstrim saat ini dapat mengakibatkan tubuh rentan terhadap berbagai penyakit.

Berikut ini penyakit yang biasa muncul pada saat seperti ini antara lain:
1. Flu, siapa pun yang memiliki kondisi tubuh yang lemah atau kurang sehat dapat terserang flu. Akan tetapi penyakit ini mudah disembuhkan, cukup dengan makan teratur dan istirahat.
2. Mimisan tidak berbahaya bila tidak disertai komplikasi penyakit lain. Secara tradisional bisa disembuhkan dengan daun sirih dan secara kedokteran dapat dilakukan dengan cara bagian hidung yang berdarah dibakar dengan alat khusus.
3. Sesak nafas di musim hujan dapat menyerang siapa saja. Udara yang sangat dingin dapat menyebabkan saluran pernafasan mengerut dan ini mengganggu pasokan udara ke paru-paru.
4. Saluran pencernaan. Musim hujan seperti ini harus hati-hati mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Sayur dan buah sebisa mumngkin harus higienis.
Walaupun penyakit yang disebabkan perubahan cuaca bukanlah penyakit kronis, tetapi penyakit-penyakit ringan seperti ini cukup mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Perubahan cuaca yang terjadi  cukup mengacaukan pola tanam para petani. Misalnya petani sulit menentukan masa tanam karena cuaca yang berubah dan tak menentu.
Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.
Bumi mengatur sendiri stabilitas suhunya lewat hubungan saling memengaruhi antara daratan, air, udara, tumbuhan, bakteri, dan fauna. Manusia turut berperan dalam menjaga ataupun merusak semua itu. Mungkin tanpa disadari manusia telah merusak keseimbangan alam sehingga terjadi banyak kerusakan yang menyebabkan perubahan suhu.

Berikut ini tips-tips untuk menghindari cuaca yang eksrim:
1. Menjaga Kebugaran Tubuh
Melihat kondisi cuaca yang tidak bersahabat dalam beberapa minggu terakhir ini, membuat tubuh manusia mudah terkena penyakit. Untuk menghindari itu, marilah kita menjaga kebugaran tubuh dengan cara yang sehat dan olah raga yang cukup.
2. Jauhkan Kontak Langsung dengan Sinar Matahari
Ketajaman sinar matahari dapat membuat kulit menjadi terbakar. Diharapkan khususnya bagi wanita agar menggunakan pakaian lengan panjang yang melindungi kulit dari kontak langsung dengan sinar matahari.
3. Gunakan Masker
Jika cuaca seperti ini dapat menyebabkan penyakit khususnya ISPA, sudah selayaknya masyarakat menggunakan masker kususnya pengendara roda dua. Karena itu adalah salah satu pencegah selain mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Nah untuk itu kita harus selalu waspada terhadap berbagai macam penyakit yang muncul karena cuaca yang sangat ekstrim. Untuk mengatasinya kita dapat melakukan hal-hal seperti: mengkonsumsi air putih yang cukup, memperbanyak buah-buahan dan sayur-sayuran, meminum vitamin C, dan lain sebagainya.

Sumber : http://yukiwaterfilter.com/in/artikel-154-dampak-perubahan-cuaca.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar