Entri Populer

Jumat, 14 Juni 2013

BAHAYA MERKURI DALAM AIR

Sebagian besar sungai, baik yang besar maupun yang kecil, terutama di tiga kabupaten/kota, yakni Tanah Laut, Kota Baru, dan Banjar, kini tercemar merkuri atau air raksa. Pencemaran ini akibat kegiatan para penambang emas, baik oleh perorangan maupun perusahaan, yang diduga ilegal.


Merkuri/Air raksa adalah logam yang ada secara alami, satu-satunya logam yang pada suhu kamar berwujud cair. Logam murninya berwarna keperakan, cairan tak berbau, mengkilap. Bila dipanaskan sampai suhu 357 oC merkuri/air raksa akan menguap. Selain untuk kegiatan penambangan emas, logam merkuri digunakan dalam produksi gas khlor dan soda kaustik, termometer, tambal gigi, dan baterai. Bagaimana orang dapat terkontaminasi merkuri? Ada beberapa cara: memakan ikan atau hewan air lainnya yang telah terkontaminasi metilmerkuri; terkontaminasi karena lepasnya merkuri dari penambal gigi, menghirup udara yang mengandung merkuri dari tumpahan, atau limbah industri.

Efek merkuri pada kesehatan terutama berkaitan dengan sistem syaraf, yang sangat sensitif pada semua bentuk merkuri. Metilmerkuri dan uap merkuri logam lebih berbahaya dari bentuk-bentuk merkuri yang lain, sebab merkuri dalam kedua bentuk tersebut dapat lebih banyak mencapai otak. Pemaparan kadar tinggi merkuri, baik yang berbentuk logam, garam, maupun metilmerkuri dapat merusak secara permanen otak, ginjal, maupun janin.

Oleh karena itu, merkuri harus ditangani dengan hati-hati, dijauhkan terutama dari anak-anak dan wanita yang sedang hamil. Standar yang ditetapkan badan-badan internasional untuk merkuri adalah sebagai berikut: di air minum 2 ppb (2 gr dalam 1.000.000.000 (satu milyar gr air atau kira-kira satu juta liter)). Di makanan laut 1 ppm (1 gram tiap 1 juta gram) atau satu gram dalam 10 ton makanan. Di udara 0,1 mg (miligram) metilmerkuri setiap 1 m3, 0,05 mg/m3 logam merkuri untuk orang-orang yang bekerja 40 jam seminggu (8 jam sehari).  Salah satu mengurangi risiko kandungan merkuri dalam air yaitu dengan menggunakan salah satu produk water filter.

Yuki Water Treatment merupakan salah satu perusahaan pengolahan dan penyaringan air pertama di Indonesia. Didirikan pada tahun 1980an, Yuki Water Treatment memiliki pengalaman hampir 30 tahun menangani berbagai masalah air keluarga Indonesia, yang meliputi masalah air diperumahan, perkantoran, restoran, dan sektor industri. Oleh karena itu, Yuki Water Treatment sangat memahami apa yang menjadi kebutuhan setiap pelanggan serta memberikan solusi terbaik akan kebutuhan air anda.

Salah satu produk keunggulan Yuki Water Filter adalah EVI, filter air ini merupakan kebanggaan keluarga Indonesia, karena sudah banyak digunakan dan dipercaya memberikan solusi permasalahan air yang cukup baik.

Tentang Filter air EVI (Enpress Vortech Inside)

Mengapa Filter air EVI?
Berbagai hal buruk dapat dihindari setelah sistem penyaringan air dipasang dirumah anda, karena:

·    Filter dapat menyaring partikel-partikel padat hingga tingkat kehalusan 30-50 micron dari air baku anda.
·     Filter dapat menyerap kandungan kaporit, pestisida, warna, bau tidak sedap, zat organik, dan bahan kimia lainnya dari air baku anda.
·       Filter dapat mereduksi kandungan zat besi dan mangan dalam air baku.
·       Filter dapat menyerap kapur sehingga air baku bebas dari bercak
bercak putih.

EVI adalah filter terbaik dikelasnya karena memiliki teknologi VORTECH USA yang lebih efektif dan efisien dalam sistem filtrasi dimana dapat mengurangi pemakaian air hingga 30% saat backwas. Diimport langsung dari USA, sebagai salah satu produk terlaris sehingga keandalan dan kualitasnya tidak diragukan lagi.

Proses Filtrasi:
1.   Air baku masuk lewat inlet
2. Air diproses melalui media filtrasi, dimana kandungan mineral dan organik yang tidak diinginkan akan tersaring.
3. Air yang layak dan aman untuk digunakan akan disaring melalui strainer, sehingga keluar menjadi air bersih siap pakai.

Tabung EVI lebih tebal, dan berwarna gelap. Cahaya matahari tidak mampu menembus EVI sehingga tidak menimbulkan lumut.


Untuk info lebih lanjut tentang EVI anda dapat menghubungi (021) 6002 368 / 8280 0551, email info@yukiwaterfilter.com atau web kami www.yukiwaterfilter.com

Sumber : http://yukiwaterfilter.com/in/artikel-157-bahaya-merkuri-dalam-air.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar