Entri Populer

Rabu, 06 Agustus 2014

WAHHH KENAPA TULANGKU BEGINI?

Apa perasaan sobat melihat judul artikel kali ini? Meringis atau malah biasa saja tak peduli? Biasanya semakin tua usia seseorang, semakin orang itu peduli akan masalah tulang. Padahal, tulang itu perawatannya dimulai ketika usia kita masih muda. Tulang adalah tumpuan tubuh kita untuk berjalan, duduk dan berdiri tegak (bayangkan apa jadinya kalau tidak punya tulang).

Pada usia 50 tahun keatas kepadatan tulang Sobat akan mulai berkurang. Hal yang biasanya terjadi adalah pengapuran atau gangguan tulang lainnya seperti Osteoporosis.



Ketika tulang mulai rapuh alias kepadatan tulang mulai berkurang maka rentan terjadi Osteoporosis. Osteoporosis merupakan salah satu masalah kesehatan tulang dan berpotensi menimbulkan cacat permanen. Penyakit Osteoporosis biasanya ditunjukkan dengan kerapuhan tulang yang memudahkan terjadinya frakur stress, yakni frakur yang muncul dari tekanan pada tulang sewaktu melakukan kegiatan normal. Gejala yang timbul berupa rasa nyeri pada persendian tulang belakang dan kaki.

Kebayang rasanya bukan kalau tulang kita bermasalah akan jadi seperti apa? Apa mungkin Sobat masih tidak peduli? Yuki rasa Sobat pasti mau tulang tetap sehat sepanjang masa. Jangankan Sobat, Yuki sendiri aja ingin tulang tetap sehat karena itu dibuatlah artikel ini (*jokes*).

Sebagai tindak pencegahan mulailah dari sekarang saat usia Sobat masih muda dengan tips berikut ini:
1.    Mulai mengkonsumsi Kalsium secara Rutin.
Asupan Kalsium bisa Sobat Yuki dapatkan dari susu. Sumber kalsium alami bisa didapat juga dari asparagus, kacang-kacangan, almond, gandum utuh, dan kacang hijau segar. Ikan salmon dan sarden merupakan sumber utama kalsium juga.
2.    STOP Konsumsi Alkohol, Rokok dan Kopi!!
Untuk mencegah osteoporosis hindarilah kopi, rokok, dan alkohol karena ketiganya berdampak negatif bagi kesehatan tulang. Tidak hanya itu, ketiganya juga dianggap dapat meningkatkan risiko osteoporosis karena kopi mengandung kafein dalam tingkat tinggi. Sedangkan rokok dapat merusak paru-paru dan organ tubuh lainnya.

   3.    Berjemur di Bawah Sinar Matahari.
Sinar matahari pagi itu sangat baik buat kesehatan tulang. Sinar matahari akan membantu mengoptimalkan kinerja vitamin D. Vitamin D tersebut kemudian menstimulasi penyerapan kalsium. Oleh karena itu, berjemur di pagi hari merupakan salah satu cara mudah untuk mencegah osteoporosis.
4.    Rajin Berolah-raga.
Olahraga secara rutin sangat baik untuk memperkuat tulang. Beberapa jenis olahraga yang bisa dipertimbangkan diantaranya adalah aerobik, yoga, atau senam (taici).
 
5.    Jangan Lupa Konsumsi Sayuran Hijau.
Sayuran berdaun hijau mengandung berbagai vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang, misalnya vitamin K1, kalsium, dan boron. Oleh karena itu, sayuran hijau bisa menjadi pelindung tubuh yang bagus dari serangan osteoporosis. Beberapa sayuran hijau yang bisa dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis diantaranya bayam, brokoli, kangkung, dan sawi hijau.
6.    Selalu Mengkonsumsi Air Putih.
Setiap hari minumlah air putih agar tubuh selalu VIT. Selain itu, air putih dipercaya dapat membantu penyerapan mineral dalam tulang sehingga tulang Sobat tidak mudah rapuh.

Sobat Yuki, sehat itu sederhana bukan? Mulai dari sekarang, pedulilah terhadap kesehatan tulang dengan cara yang disebutkan diatas. Jika Sobat sehat, mau melakukan aktivitas sehari-hari pun lebih maksimal sehingga hidup lebih berarti dan tidak menyesal di kemudian hari. SALAM SEHAT YUKI ^____^

sumber: http://www.yukiwaterfilter.com/in/artikel-234-aku-tak-mau-tulang-keropos.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar