Entri Populer

Sabtu, 02 Agustus 2014

VITAMIN SEHAT MEMBUAT BADAN SEHAT


Tubuh kita memerlukan sekali apa yang disebut dengan vitamin sebagai penopang kesehatan. Vitamin akan membuat tubuh Sobat lebih terasa sehat dan bugar. Vitamin berasal dari bahasa Inggris vital amine, vitamin adalah sekelompok senyawa organik amina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.

Dalam tubuh manusia terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K, dan B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat). Walau memiliki peran yang sangat penting, tubuh hanya dapat memproduksi vitamin D dan vitamin K dalam bentuk provitamin yang tidak aktif.

Berat nih bahasanya (hehehe) namun ini nyata dan terkandung dalam tubuh manusia. Tubuh memerlukan asupan vitamin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan hal tersebut sangatlah baik untuk tubuh. Asupan vitamin lain dapat diperoleh melalui suplemen makanan.

Sekarang Yuki mau kasi tahu nih jenis vitamin beserta dengan makanan dan minuman yang terkandung di dalamnya, tak lupa juga penyakit apa yang mungkin dapat menyerang Sobat ketika kekurangan salah satu jenis vitamin tersebut:

1.    VITAMIN A
Sumber vitamin A adalah susu, ikan, sayuran berwarna hijau dan kuning, hati, buah-buahan warna merah dan kuning seperti cabe merah, wortel, pisang, pepaya, dan lain-lain.
Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin A adalah rabun senja, katarak, infeksi saluran pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, kulit tidak sehat, dan lain-lain.

2.    VITAMIN B
Sumber vitamin B1 adalah gandum, beras, daging, telur, susu dan lainnya. Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B1 adalah kulit kering/kusik/busik, kulit bersisik, daya tahan tubuh berkurang.

3.    VITAMIN B12
Sumber makanan yang mengandung vitamin B12 adalah telur, daging, hati. Penyakit yang ditimbulkan jika kekurangan vitamin ini adalah kurang darah, cepat lelah, lesu, lemas, dan sebagainya.

4.    VITAMIN C
Sumber utama vitamin C adalah jambu klutuk, jeruk, tomat, nanas dan sayur segar.
Penyakit yang ditimbulkan jika tubuh kekurangan vitamin C adalah mudah infeksi pada luka, gusi berdarah, sariawan, dll.

5.    VITAMIN D
Sumber makanan yang mengandung vitamin D adalah minyak ikan, susu, telur dan keju.
Penyakit yang ditimbulkan bila kekurangan vitamin D adalah gigi mudah rusak, otak kejang dan pertumbuhan tulang tidak baik.

6.    VITAMIN E
  Sumber makanan yang mengandung vitamin E adalah ikan, ayam, kuning telur, minyak sayur.
 Penyakit yang ditimbulkan jika kekurangan vitamin E adalah bisa menyebabkan mandul pada pria dan wanita, kerusakan syaraf.

7.    VITAMIN K
Sumber utama vitamin K adalah telur, susu, dan sayuran segar. Penyakit bila kekurangan vitamin K adalah darah sulit membeku ketika luka atau pendarahan.

Itulah jenis-jenis vitamin yang terkandung dalam tubuh kita. Sekarang Sobat sudah dapat memilah-milah makanan yang sesuai agar tubuh semakin sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Jadi vitamin apa yang sudah Sobat konsumsi setiap harinya?

Sumber:http://www.yukiwaterfilter.com/in/artikel-233-kenali-aneka-vitamin-penopang-kesehatan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar