Entri Populer

Senin, 08 Juli 2013

HATI-HATI DENGAN E.COLI

Apa itu E Coli?

Escherichia coli, yang dinamai sesuai penemunya Theodor Escherich, adalah bakteri gram-negatif berbentuk batang yang umum ditemukan di usus besar organisme berdarah hangat (endotherm).  E. coli dapat hidup dengan atau tanpa oksigen, dan karenanya dapat ditemui di mana saja, terutama di air dan makanan yang belum dimasak.

Ada ratusan strain E. coli, beberapa tidak menyebabkan penyakit, sementara lainnya dapat menyebabkan sakit yang serius bahkan kematian. Strain E. coli yang ada di usus kita tidak menyebabkan penyakit, sementara strain lainnya yang bersifat enterotoksigenik, enteropatogenik dan enteroinvasif dapat menyebabkan diare parah, infeksi ginjal serta menyerang saluran kelamin dan saluran kemih.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1987 oleh peneliti biologi Amerika bernama Buckle mendapati bahwa E. coli umumnya ada di sumber air atau makanan yang telah tercemar tinja, yang kemudian akan mencemari peralatan dapur apapun yang bersentuhan dengan sumber pencemaran tersebut.

Sebuah studi di Kanada yang dipublikasikan bulan Oktober 2008 mencatat bahwa mereka yang terinfeksi E. coli O157:H7 berat 30% lebih berisiko menderita tekanan darah tinggi atau kerusakan ginjal. Studi yang melibatkan 2800 penduduk Walkerton selama 7 tahun ini mencatat bahwa pengobatan justru memperburuk kerusakan ginjal dan menyebabkan komplikasi jangka panjang pada anak-anak.

 “Jumlah korban dalam epidemi E. coli di Jerman sudah mencapai 35 orang dan pejabat kesehatan melaporkan sekitar 100 pasien menderita kerusakan ginjal parah”, Karl Lauterbach, seorang ahli epidemiologi yang juga politisi partai oposisi Social Democrat memperingatkan bahwa tingkat infeksi E. coli di dunia sedang meningkat.

“Makanan atau minuman yang tercemar bakteri E. coli O157:H7 dapat menyebabkan anda menyabung nyawa, terutama bila sistem kekebalan tubuh anda lemah, atau anda dalam kelompok usia sangat muda atau sangat tua. Di bulan Mei 2000 di Walkerton, Ontario, Kanada, 7 orang meninggal dan lebih dari 2300 orang lainnya jatuh sakit setelah E. coli mencemari pasokan air di kota tersebut. Ini merupakan wabah E. coli terbesar di Kanada yang disebabkan oleh pencemaran kotoran ternak dari salah satu peternakan dekat sumur sumber air kota Walkerton”.

Di banyak negara di dunia, termasuk di Indonesia, infeksi E. coli bertambah banyak, dan para dokter dan ilmuwan sedang berusaha membuat vaksin untuk melawan E. coli dan mencegah meluasnya wabah ini. Hanya sedikit yang sadar bahwa penyebaran E. coli dapat dibendung dengan memasang filter ultraviolet di rumah-rumah, restoran, hotel, dan rumah sakit.

Cara Menghindari E. coli
1.     Pastikan makanan anda berasal dari sumber yang terpercaya atau memiliki sertifikasi.
2.          Gunakan hanya air steril untuk membersihkan bahan makanan sebelum dimasak. Air steril dapat diperoleh menggunakan filter ultraviolet bermutu tinggi untuk menghilangkan 99.99% mikroorganisme penyebab penyakit di air.
3.      Gunakan teknologi ozon untuk sanitasi semua produk makanan yang belum dimasak. Dalam buku berjudul Fresh Air for Life, yang ditulis oleh Dr. Somersall dan Dr. Marsden, ozon terbukti efektif melawan semua bentuk bakteri dan virus.

Yuki Water Treatment merupakan salah satu perusahaan pengolahan dan penyaringan air pertama di Indonesia, Didirikan pada tahun 1980an, Yuki Water Treatment memiliki pengalaman hampir 30 tahun menangani berbagai masalah air keluarga Indonesia, yang meliputi masalah air diperumahan, perkantoran, restoran, dan sektor industri. Oleh karena itu, Yuki Water Treatment sangat memahami apa yang menjadi kebutuhan setiap pelanggan serta memberikan solusi terbaik akan kebutuhan air anda.

Bekerjasama dengan perusahaan VIQUA dari kanada yang berpengalaman lebih dari 35 tahun. Dalam penelitian dan pengembangan serta pembuatan teknologi UV – Ultra Violet. Sebagai bagiand dari Danaher Group Corporation yang memiliki lebih dari 59.000 karyawan di 125 negara, keahlian VIQUA tidak perlu diragukan lagi.

UV Sterilight merupakan sebuah alat filter air yang mampu mengubah air sehingga menghasilkan air yang siap untuk dikonsumsi dengan kondisi yang sehat, steril, dan aman. Dalam prosesnya menggunakan teknologi penyinaran UV yang memastikan membunuh bakteri, virus, fungi, dan protozoa yang terkandung didalam air. Pemasangan yang mudah dan tidak memakan tempat, cukup diletakkan dibawah keran anda.

Keunggulan menggunakan UV Sterilight:

·    UV Sterilight mampu menghancurkan bakteri dan virus berbahaya dalam air hingga 99,99%, sehingga air yang digunakan steril.
·   UV Sterilight dirancang khusus dan sudah teruji mampu memberikan kegunaan yang konsisten dan bermutu dalam disinfeksi air hingga 9.000 jam, oleh sebab itu kita dapat menghemat waktu dan biaya karena penggantian bohlam dilakukan cukup 1 tahun sekali.
·    Material alat ini menggunakan stainless-steel (304 SS) berkualitas tinggi sehingga tahan lama dan bergaransi hingga 7 tahun, jadi sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis karena anti karat dan higienis.
·     Tidak mengubah warna air, membuat bau dan mengubah rasa air, sehingga tidak akan memberikan pengaruh negatif terhadap makanan dan minuman.
·     Memiliki alarm yang berfungsi untuk memberitahu sisa masa pemakaian bohlam dan kerusakan pada bohlam UV, serta memonitor jumlah output ultraviolet. Hal ini membantu anda untuk dapat mengganti bohlam pada waktunya sehingga terhindar dari kerusakan yang lebih besar.
·     Kualitasnya telah mendapat pengakuan CSA (Certified Securities Analyst) International dan CE (ConformitĂ© EuropĂ©enne) Eropa. Ini merupakan sebuah jaminan yang diakui dengan taraf internasional.
·     Hanya membutuhkan daya listrik sebesar 40 watt atau setara dengan energi pada satu buah lampu. Sehingga sangat hemat biaya.

  Untuk info lebih lanjut tentang EVI anda dapat menghubungi (021) 6002 368 / 8280 0551, email info@yukiwaterfilter.com atau web kami www.yukiwaterfilter.com

1 komentar: