Entri Populer

Kamis, 22 Mei 2014

BAU MULUT? OH NO



Kita pasti merasa tidak nyaman jika berinteraksi dengan sesama jika bau mulut tidak sedap. Untuk itu mari kita telusuri penyebab bau mulut. Bau mulut atau dalam dunia medis disebut halitosis dapat disebabkan karena:
-          Gigi berlubang, sehingga menjadi tempat pertumbuhan bakteri dalam mulut.
-          Sariawan yang meradang dan tidak kering.
-          Kurang mengkonsumsi air putih sehingga mulut kekurangan cairan. Cairan dalam mulut berfungsi untuk mengatasi bakteri dalam mulut, jika bakteri menumpuk maka akan menyebabkan bau mulut.
-          Obat-obatan.  
-          Makanan tertentu seperti jengkol.
-          Kebiasaan merokok dan minum alkohol ; alkohol juga akan membuat kelenjar ludah menjadi kering sehingga bakteri dalam mulut tidak bisa diproses dengan baik.

Oleh karena itu, untuk mencegah bau mulut ada baiknya kita melakukan hal-hal berikut ini:
-          Rutin menyikat gigi dan sekali-kali kumur dengan obat kumur. Hal ini penting dilakukan agar mencegah plak gigi yang menumpuk.
-          Minum air putih secara teratur. Hal ini penting untuk sistem imun tubuh dan mencegah tubuh kekurangan cairan.
-          Hindari rokok dan alkohol, karena keduanya dapat menyebabkan bau mulut.
-          Perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C seperti apel, bengkuang, wortel. 

Dengan cara yang tepat maka kita tidak perlu khawatir dengan bau mulut tak sedap. Mulut sehat akan membuat kita tampil lebih percaya diri. Jadi, sudahkah kita gosok gigi dan minum air putih hari ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar