Entri Populer

Jumat, 04 Juli 2014

ANTI NYAMUK CARA SEDERHANA



TANAMAN SERBA GUNA ANTI NYAMUK
Bagi yang menyukai kegiatan berkebun, kegiatan mengurus tanaman merupakan kegiatan sehari-hari yang diminati. Tanaman berbunga kerap diminati sebagai hiasan pada sebuah ruangan atau rumah. Tanaman lainnya juga diminati sebagai penyejuk ruangan di siang hari. Beberapa tanaman dimanfaatkan buahnya, ada juga yang dimanfaatkan daun atau batangnya seperti tanaman obat. Tetapi tahukah sobat sekalian bahwa beberapa tanaman juga memiliki fungsi tambahan?
Bulan-bulan ini sobat sekalian banyak menemui kasus demam berdarah. Demam berdarah disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui perantara nyamuk. Karena itulah, sobat sekalian diminta untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengusir nyamuk, lazimnya dibagi dua kategori yaitu fisik dan bahan kimia. Pengusiran secara fisik dilakukan dengan memasang kelambu atau jaring-jaring kasa di ventilasi rumah. Terkadang tidak efektif karena nyamuk banyak berkembang-biak melalui pengolahan air dalam rumah yang buruk. Karena itu kita menggunakan tambahan bahan kimia seperti baygon, racun nyamuk bakar, lotion anti nyamuk, dsb.
Masih ingat dengan fungsi tambahan pada beberapa tanaman? Ya, sekarang tanaman tertentu bisa menjadi alternatif lain dalam mengusir nyamuk. Berikut tanaman-tanaman anti nyamuk:
1.      Lavender
Tanaman ini berasal dari pegunungan Alpen di Swiss. Berwarna ungu dan bergerombol di ujung tangkai. Lavender tidak disukai oleh nyamuk karena mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. Zat tersebut akan membuat nyamuk pusing. Sobat cukup menanamnya di pot atau tanah dekat jendela kamar, pintu rumah, ventilasi atau lubang-lubang lainnya. Bunga lavender sendiri juga bisa digosok ke kulit untuk menghindari gigitan nyamuk.



2.      Geranium
 Tumbuh liar di sekitar sawah dan banyak digunakan untuk mengusir nyamuk dan ngengat. Agar efektif dalam mengusir nyamuk, geranium ini harus ditanam di pekarangan rumah sehingga daunnya akan bergoyang ketika angin bertiup baru akan keluar bau yang khas. Bau tersebut berasal dari kandungan zat citronella dalam geranium yang ampuh untuk mengusir nyamuk.











3.      Serai Wangi
Tumbuh berumpun dengan tinggi sekitar 50-100 cm, daunnya berjumbai, bagian bawahnya agak kasar dan termasuk bangsa rumput-rumputan. Serai wangi tidak disukai nyamuk karena mengandung zat geraniol dan sitronelal. 



4.      Akar Wangi
Termasuk bangsa rumput-rumputan. Nyamuk demam berdarah sangat takut menghadapi tumbuhan ini. Bau nyengat tumbuhan ini cukup mematikan bagi nyamuk demam berdarah.



Itu dia beberapa tanaman anti nyamuk. Tanaman-tanaman ini mudah perawatannya dan harganya cukup terjangkau juga dapat mempercantik rumah Sobat semua loh, dan bisa menjadi alternatif tepat untuk mengusir nyamuk. Tetapi, ada baiknya jika pengolahan air di dalam rumah juga diperhatikan agar nyamuk tidak gampang berkembang-biak. Perlu diingat Sob Kesehatan adalah  yang paling pertama dan utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar