Entri Populer

Rabu, 02 Juli 2014

YUKI ON THE SPOT (10 MASJID TERMEGAH DI INDONESIA)



Tempat Ibadah adalah tempat bagi setiap umat manusia untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Banyak tempat Ibadah dibuat senyaman mungkin agar setiap orang yang berada di dalamnya berasa nyaman dan menambah kekhusukan dalam berdoa.
Bagi Sobat kita yang beragama Muslim, tempat Ibadah mereka adalah Masjid. Dalam bulan yang penuh hikmah ini, Yuki mau share beberapa Masjid terindah dan termegah di beberapa titik di Indonesia. Desain bangunan dan arsitektur dalam Masjid ini sudah dibangun dari sejak zaman Belanda. Jadi sudah tidak diragukan lagi kokoh dan megahnya beberapa Masjid ini. Yuk kita ulas semuanya:

1.      Masjid Istiqlal, Jakarta
Masjid terbesar di Asia Tenggara ini didirikan pada tahun 1970-an, letaknya di Jakarta. Masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Sukarno. Masjid Istiqlal terletak di dekat Lapangan Banteng–Jakarta Pusat. Masjid ini dapat menampung lebih dari 1000 orang, bahkan para pejabat, presiden selalu mendatangi tempat ini setiap Idul Fitri, Idul Adha.

2.    Masjid Al-Akbar, Surabaya
Masjid Nasional Al-Akbar atau biasa disebut Masjid Agung Surabaya ialah masjid terbesar kedua di Indonesia yang berlokasi di Kota Surabaya, Jawa Timur setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Posisi masjid ini berada di samping Jalan tol Surabaya-Gempol. Masjid Al-Akbar dibangun di atas lahan 11,2 hektar dengan gaya arsitektur yang unik dan modern. Kesan unik dari bangunan ini terletak pada desain kubah masjid yang unik seperti struktur daun dengan kombinasi warna hijau dan biru yang memberikan kesan sejuk dan segar, serta memiliki satu menara yang tingginya 99 meter.

3.      Masjid At-Tin, Jakarta
Masjid megah di kawasan TMII, Jakarta. Masjid At-Tin mempunyai keunikan dan kekhasan tersendiri. Gaya arsitektur masjid ini menonjolkan dan mengekspos lekukan bentuk anak panah pada dinding di hampir semua sudut dan ornamen yang menghiasinya.

              4. Masjid Islamic Centre, Samarinda
Masjid ini terletak di Jl.Slamet Riyadi, Samarinda, Kalimantan Timur. Bangunan masjid ini memiliki kubah utama dan ornamen-ornamen keemasan yang amat cantik. Sumber inspirasi desain masjid yang amat besar ini berasal dari Masjid Nabawi yang bernuansa religius di Madinah dipadukan dengan Masjid Agung yang artistik di Turki.

5.      Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh
Masjid ini berada di pusat Kota Banda Aceh. Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu masjid berarsitektur termegah di dunia. Masjid ini dulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh yang dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Masjid ini juga merupakan salah satu Masjid tertua dan terindah di Indonesia.

6.      Masjid Dian Al Mahri, Depok (Jawa Barat)
Masjid ini lebih dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas Depok. Masjid ini merupakan salah satu Masjid di dunia yang dibangun dengan kubah yang terbuat dari emas. Masjid ini dapat membuat takjub siapapun yang pernah melihatnya karena keindahannya terutama kubahnya yang terbuat dari emas. Masjid ini terletak di Depok, Jawa Barat.

7.      Masjid Raya Makassar, Sulawesi Selatan
Tampak megah dan mewah. Kubah utama yang bertengger di puncak masjid didatangkan langsung dari Australia. Masjid ini terletak di Makassar, Sulawesi Selatan.

8.      Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru-Riau
Salah satu masjid termegah di Indonesia dan menjadi masjid kebanggaan masyarakat Riau. Pada malam hari, kawasan itu dihiasi dengan cahaya dari lampu yang berwarna-warni, sehingga pengunjung seakan-akan berada di kawasan Taj Mahal, India. Masjid Agung An-Nur terletak di Pekanbaru, Riau.

9.      Masjid Raya Al-Mashun, Medan-Sumatera Utara
Masjid ini dikenal juga sebagai Masjid Raya Medan, salah satu peninggalan Sultan Deli yang dibangun tahun 1906 diatas lahan seluas 18.000 meter persegi. Arsitekturnya yang khas dan nilai sejarahnya membuat masjid ini kerap dikunjungi wisatawan mancanegara. Masjid ini terletak di Medan, Sumatera Utara.

10.  Masjid Rahmatan Lil-Alamin, Indramayu
Dibangun di Kampus Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Masjid ini berukuran 6 hektar dan berlantai 6 dengan kapasitas mencapai 100.000 orang. Pembangunannya belum selesai, rencananya akan menjadi seperti gambar dibawah ini.


Itu dia tadi Yuki On The Spot (10 Masjid termegah di Indonesia). Masjid tersebut di desain dengan arsitektur yang sangat bagus dan tentunya membuat para jemaah yang berada di dalamnya nyaman. Tapi ingat, yang terpenting bukan bangunannya tapi hati dan doa kita kepada YME.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar