Entri Populer

Kamis, 17 Juli 2014

BAHAYA KAPORIT PADA RAMBUT INDAH ANDA

Berbicara soal kesehatan bukan hanya kesehatan badan saja yang perlu diperhatikan, yang satu ini juga perlu diperhatikan yaitu rambut. Rambut adalah mahkota bagi setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan (kecuali bagi yang botak) tapi Yuki rasa jarang ada yang mau botak hehehe *jokes*.
Rambut sepatutnya kita jaga tiap helainya agar selalu halus, rapi, tidak kering dan bercabang. Bagi perempuan rambut panjang ataupun rambut pendek sudah pasti harus dijaga dan dirawat, demikian juga bagi laki-laki untuk selalu menjaga kerapihan dan kesuburan rambut.
Tahukah Sobat Yuki bahwa kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh aktivitas? Keseringan berenang ternyata dapat menyebabkan kandungan kaporit pada kolam renang mengurangi kandungan minyak alami rambut yang akhirnya menyebabkan kerusakan kutikula rambut. Masalah satu ini akan dibahas dalam Yuki Healthy kali ini.


Berenang mungkin menjadi salah satu hobi Sobat nih, termasuk Yuki yang juga suka banget kegiatan satu ini. Akan tetapi terlalu lama berenang akan menyebabkan kulit menjadi keriput, mata terkena iritasi dan rambut terkontaminasi kaporit. Pasti Sobat tidak mau itu terjadi kan?
Walaupun kandungan air dalam kolam berenang tinggi akan garam yang dapat mengurangi kelembapan rambut sehingga membuat rambut kering dan rapuh, bukan berarti Sobat pantang berenang. Dengan penanganan yang tepat Sobat tetap bisa mendapatkan manfaat berenang tanpa merusak rambut.   Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk tetap menjaga kealamian dan keindahan rambut Sobat yaitu:
1.    Gunakan Pelindung Rambut
Kaporit dalam air kolam renang bisa membuat rambut rusak dan kering. Untuk itu lindungi rambut agar terhindar dari efek buruk kaporit. Sobat Yuki dapat menggunakan topi renang ataupun penutup rambut untuk melindungi rambut dari bahan kimia berbahaya yang ada di dalam kolam renang.
2.    Oleskan Vitamin Rambut
Bukan hanya tubuh Sobat yang membutuhkan vitamin, rambut pun juga perlu Vitamin agar tumbuh dengan sehat, kuat, juga indah. Maka perlu mengoleskan vitamin rambut sebelum berenang dan tunggu sekitar 5-10 menit sampai vitamin meresap ke akar-akar rambut. Vitamin rambut bisa beraneka-ragam, tetapi akan lebih alami jika Sobat menggunakan minyak zaitun dari kelapa.
3.    Basahi Rambut Sebelum Berenang
Membasahi rambut sebelum masuk ke kolam renang. Rambut yang kering akan lebih mudah menyerap bahan kimia saat masuk ke dalam air. Rambut yang basah bisa membantu mengurangi penyerapan kaporit atau air garam jika berenang di laut. Begitu selesai berenang langsung bilas rambut dengan air bersih. Jangan tunda kegiatan ini agar rambut tak terpapar bahan kimia lebih lama. Pastikan air yang digunakan untuk bilas rambut bebas dari kaporit.

4.    Cuci Rambut Setelah Selesai Berenang
Setelah Sobat selesai berenang usahakan untuk cuci rambut langsung dengan shampo jangan biasakan tidak mencuci rambut karena itu menyebabkan kaporit masuk dan meresap lebih lama di kulit kepala. Cuci rambut dengan air hangat selama kurang lebih 5 menit untuk menghilangkan zat kimia yang menempel saat berenang. Gunakan shampo dan pelembap untuk mencegah rambut kering.
5.    Keringkan Rambut Secara Alami
Keringkan rambut dengan handuk dan biarkan mengering secara alami. Jika akan menggunakan hairdryer, pilih hairdryer yang menyediakan fitur angin dingin. Penggunaan angin yang panas pada hairdryer akan membuat rambut semakin kering. Setelah kering sisirlah rambut Sobat agar terlihat rapi dan tidak kusut.

Kaporit mungkin akan merusak rambut Sobat, namun bisa diantisipasi dengan beberapa tips diatas sehingga dapat mengurangi resikonya. Sobat Yuki tidak perlu menjauhi aktivitas berenang karena takut terkena kaporit. Don’t Worry Be happy. Selama masih muda, jangan pernah takut untuk melaksanakan segala aktivitas dan hobi yang berguna dan bermanfaat. Salam Yuki Healthy ^________^
Sumber: http://www.yukiwaterfilter.com/in/artikel-230-yuki-healthy-rambut-vs-kaporit-lindungi-rambutmu-dari-bahaya-kaporit.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar