Entri Populer

Minggu, 13 Juli 2014

HATI-HATI GUNAKAN TOILET UMUM

Aktifitas sehari-hari Sobat Yuki pasti tidak hanya di rumah saja kan? Aktivitas tersebut kadang kala mengharuskan Sobat Yuki menggunakan toilet umum. Tidak mungkin kan jika sobat Yuki sedang berada di luar, ingin buang air kecil, kemudian lari-lari pulang ke rumah? (keburu bocor deh). Ketika Sobat Yuki berada luar rumah (kantor, sekolah, cafe atau di pusat perbelanjaan) atau dimana saja aktifitas di luar rumah pasti deh Sobat Yuki menggunakan toilet umum.
Toilet sepatutnya berada di semua tempat umum baik di kantor, kampus, sekolah, mall bahkan sekarang di pom bensin sekalipun toilet dilengkapi dengan fasilitas tempat istirahat loh. Nah Sobat, menurut kalian nih bagaimana keadaan toilet umum saat ini? Apa Sobat Yuki yakin toilet umum yang digunakan berada dalam keadaan sehat? Wah, kita tidak pernah tahu jawabannya. Kok bisa? Karena di toilet umum kita tidak tahu siapa saja yang pernah menggunakannya sebelum kita dan apakah mereka sehat atau tidak? Betul?
Sudah mulai panik atau ngeri? Tenang saja. Kalau sobat panik apalagi Yuki yang nulis artikel ini, udah stress duluan hehehe #*jokes*#. Ada beberapa trik yang Yuki bisa bagikan ke sobat semua tentang cara aman dan sehat menggunakan toilet umum. Ini dia:

-    Pastikan Sobat Yuki membawa tissue pribadi.
Jika hendak ke toilet umum, pastikan Sobat Yuki membawa tissue lembaran atau tissue gulung. Ini penting karena bisa saja toilet umum yang sobat gunakan tidak menyediakan tissue.
-    Keluarkan barang-barang dalam celana anda (jika ada)
Ketika sudah berada di toilet, jika sobat menggunakan celana jeans dan mengantongi hp, dompet, uang, karcis, dsb, lebih baik dimasukkan ke tas atau sobat bisa titipkan terlebih dahulu. Keluarkan dahulu semua isi kantong untuk mencegah barang-barang sobat terjatuh ke kloset atau terkena air di toilet.


-    Lihat keadaan toilet
Maksudnya jika toilet umum yang Sobat masuki tidak ada kloset (toilet jongkok), maka pastikan barang-barang di kantong sudah anda keluarkan dan ketika anda usai buang air kecil/besar jangan membersihkan tubuh kita dengan air dalam ember yang tersedia, karena bisa saja air tersebut kotor. Gunakanlah air dari semprotan. Jika toilet yang anda gunakan merupakan toilet duduk pastikan dudukan kloset anda siram dengan air dan bersihkan dengan tissue yang anda bawa (ini penting banget supaya kuman-kuman di kloset tidak menempel ke tubuh sobat). Tidak ada alasan kebelet sampai tidak dibersihkan dulu ya, kalau di toiletnya tidak ada air ya.. mau bilang apa? Salam Apes..hehehe #*Jokes*#. Karena itu sebelum buang air kecil/besar baiknya dilihat dulu ada air atau tidak.
-    Bersihkan dan jangan lupa siram dengan bersih.
Setelah sobat siram dan keringkan dengan tissue dudukan kloset, Sobat Yuki bisa deh buang air besar/kecil (jika ingin buang air besar akan lebih baik jika sobat menggunakan toilet duduk). Setelah menggunakan toilet jangan lupa untuk siram dengan bersih dan Sobat Yuki jangan lupa untuk membersihkan tubuh sobat juga ya.
-    Cuci Tangan.
Selesai menggunakan toilet, jangan lupa cuci tangan dengan menggunakan sabun cuci tangan. Cucilah dengan menggosok telapak, sela-sela jari tangan dan daerah di bawah kuku. Jika tersedia, gunakan air panas yang lebih efektif dalam membunuh kuman.

Hal yang penting dilakukan agar terhindar dari penyakit adalah dengan menjaga kondisi tubuh dan melakukan pencegahan sehingga kuman-kuman tidak akan mengganggu kesehatan Sobat. Menggunakan toilet umum tidak perlu ditakuti jika Sobat tahu cara aman menggunakannya. Selain itu, Sobat juga memiliki kewajiban untuk menjaga kondisi toilet tersebut agar tetap bersih dan sehat. Karena siapa tahu lain kali kita akan membutuhkannya lagi.
Salam Sehat Yuki.

Sumber: http://www.yukiwaterfilter.com/in/artikel-226-trik-aman-dan-sehat-gunakan-toilet-umum.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar