Entri Populer

Jumat, 27 Juni 2014

BULAN PUASA BULAN PENUH HIKMAH

Akhir Bulan Juni ini akan ditutup dengan bulan yang berarti sekali buat saudara kita yang Bergama Muslim. Bulan apakah itu? Bukan bulan madu atau bulan sabit hehehe.. Tetapi bulan penuh Berkah yaitu Bulan Puasa. Bagi saudara-saudara kita yang beragama Muslim Puasa berarti menahan rasa haus dan rasa lapar pada jam tertentu setiap harinya selama satu bulan sampai mendekati bulan kememnagan yaitu Idul Fitri di bulan selanjutnya.
Setiap Umat Muslim pada bulan ini akan menahan nafsu terutama nafsu untuk makan, ini dilakukan sebagai bentuk ketaatan mereka kepada Allah. Pada bulan ini diharapkan agar setiap umat Muslim dapat menjalankan ibadah puasa mereka selama 30 hari dengan lancar tanpa ada halangan dan rintangan sampai pada bulan kemenangan tiba.
Ada beberapa solusi yang mungkin bisa dilakukan dan bermanfaat bagi para Sobat yang menjalankan Ibadah Puasa untuk menahan rasa lapar:
1.    Tanamkan Kesadaran dalam diri Sendiri bahwa Puasa itu adalah Ibadah bukan hanya sekedar Kewajiban.
Ini menunjukkan bahwa dalam menahan rasa lapar dan haus bukan semata-mata hanya karena kewajiban beragama saja, akan tetapi lebih tepatnya adalah bahwa Umat Muslim yang menjalankan Ibadah Puasa sebagai bentuk ketaatan dan pengabdian kepada Tuhan.

2.    Mengkonsumsi Makanan yang Sehat pada saat Sahur.
Bagi Umat Muslim wajib hukumnya dalam Bulan Puasa untuk melaksanakan Sahur di pagi hari, pada saat makan Sahur mendekati waktu Imsak usahakan makan secukupnya yaitu dengan mengkonsumsi nasi, lauk-pauk, sayur, susu, buah-buahan. Anda juga dapat menambah karbohidrat seperti kentang rebus, kacang-kacangan karena karbohidrat dapat memberikan rasa kenyang yang lama pada diri anda.
3.    Jangan Mengkonsumsi Makanan Secara Berlebihan Pada saat Sahur dan Berbuka.
Walaupun kita berpuasa selama kurang lebih  13 jam bukan berarti pada saat Sahur dan berbuka Puasa kita boleh makan dengan rakus dan berlebihan. Tetap kontrol nafsu makan anda karena ini akan memberikan dampak kurang baik bagi pencernaan anda jika aknda mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

4.    Mengkonsumsi Suplemen / Vitamin yang Bermanfaat.
Bagi anda yang terbiasa bekerja keras selama bulan puasa ini anda bisa memadu padankan Suplemen/ Vitamin kesehatan pada saat Sahur ataupun pada saat berbuka Puasa agar badan anda tetap VIT dan sehat selama Puasa.



5.     Mengkonsumsi Air Putih Bersih Secukupnya. 
Pada saat Sahur dan berbuka Puasa usahakan anda selalu mengkonsumsi air putih, namun  harus diingat jangan terlalu banyak dan berlebihan.

6.     Tetap Lakukan Aktifitas Anda Seperti Biasa dan Jangan terlalu banyak Tidur.
Aktifitas sehari –hari anda seperti; bekerja, kuliah, belajar tetap anda jalankan sebagai rutinitas anda. Puasa bukan berarti anda tidak melakukan aktifitas apapaun dan tidur sepanjang hari dengan alasan untuk menahan lapar. Itu adalah anggapan yang salah karena berpuasa bukan berarti berhenti melakukan aktifitas rutin.

Sobat semua yang terpenting dalam Bulan Puasa adalah bagaimana kesadaran diri bahwa menjalankan Puasa ini adalah sebagai bentuk  ketaatan dalam beragama dan jangan jadikan sebagai sebuah paksaan karena jika anda menjalankanya dengan senang hati dan tulus ikhlas maka pastinya anda akan mendapat hikmah dari Puasa yang anda jalankan.

Sumber: http://www.yukiwaterfilter.com/in/artikel-221-solusi-menahan-rasa-lapar-di-bulan-puasa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar