Entri Populer

Senin, 14 April 2014

CARA MENGATASI INSOMNIA

Gelisah di malam hari dan mata susah dipejamkan? Ini tanda-tanda gangguan tidur atau biasa disebut dengan insomnia. Insomnia banyak terjadi pada malam hari ketika kita mencoba untuk tidur namun terganggu. Gangguan kesulitan tidur ini bisa terjadi ketika seseorang sedang banyak pikiran, atau bisa juga dikarenakan adanya masalah yang belum terselesaikan. Akibatnya, susah sekali untuk memejamkan mata. 
Insomnia jika dibiarkan berlangsung terus-menerus dalam jangka panjang akan menyebabkan gangguan pada kesehatan. Penyakit yang umumnya menyerang apabila insomnia berkelanjutan adalah jantung, stroke, kolestrol dan juga obesitas. Pasti kita tidak mau apabila penyakit mematikan dan gangguan kesehatan lainya menyerang bukan?

Beberapa cara dapat dilakukan agar terhindar dari Insomnia, yakni:
- Kurangi Aktifitas pada Pagi hingga Sore Hari.
Apabila anda adalah seorang pekerja yang sangat sibuk dan selalu harus keluar kantor untuk bertemu klien, maka sangat disarankan untuk mengatur ulang jadwal kerja semampunya agar setidaknya memiliki waktu luang untuk istirahat. Cobalah untuk membuat jadwal kerja dimulai dari yang terpenting sampai yang tidak terlalu penting, dengan demikian anda akan terbantu untuk mengatur waktu luang untuk istirahat nantinya.

- Usahakan Tidur Malam dengan Teratur.
Malam hari adalah waktu untuk istirahat. Kurangi bekerja di malam hari agar tubuh dapat beristirahat dengan maksimal. Tujuannya adalah supaya esok hari badan anda tetap VIT dan segar.

- Kurangi Konsumsi Kafein Sebelum Tidur.
Bagi anda yang selalu minum kopi atau segala jenis minuman yang mengandung kafein, perlu diketahui bahwa kandungan kafein dalam secangkir kopi akan membuat anda susah untuk memejamkan mata. Untuk itu pastikan tidak mengkonsumsi kopi atau segala hal yang mengandung kafein sebelum tidur.

- Rajin Berolahraga Setiap Hari.
Olahraga bisa dilakukan sebelum memulai aktifitas di pagi hari. Tetapi, olahraga bisa pula dilakukan di sela-sela kesibukan dengan meregangkan seluruh anggota tubuh. Jogging santai juga merupakan alternatif bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu olahraga di tempat fitness, dsb. Dengan berolahraga, tubuh tidak akan kaku sehingga pada malam hari menjadi lebih santai dan tidur akan menjadi lebih nyenyak.

- Buatlah Kamar Anda Senyaman Mungkin. 
Mulailah dari hal kecil seperti mematikan TV dan lampu. Alhasil akan membuat kamar anda nyaman serta terhindar dari suara yang mengganggu ketika akan tidur.

Wah, ternyata insomnia tidak harus disembuhkan dengan obat-obatan kan? Cara praktis dapat dilakukan agar terhindar dari insomnia. Bagi para penderita insomnia, sangat disarankan untuk mencoba cara-cara tersebut. Ingat, istirahat yang cukup diperlukan agar anda dapat memulai dan mengakhiri aktifitas tiap hari dengan maksimal dan tentunya tubuh semakin sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar