Entri Populer

Selasa, 29 April 2014

DARI MANA ASAL AIR DI RUMAH ANDA?





Air dibedakan menjadi 2 yaitu air permukaan dan air tanah. Air permukaan, sesuai dengan namanya, adalah air yang ditemukan di sungai, danau, atau sumber lainnya yang airnya tampak di permukaan. Air jenis ini biasanya tidak mengandung tingkat mineral yang tinggi. Banyak pakar yang menyebut air jenis ini “soft water” walaupun ada juga yang tidak setuju menyebutnya demikian. Air permukaan banyak terkontaminasi beragam sumber, seperti kotoran binatang, pestisida, insektisida, limbah industri, alga dan masih banyak lagi material organik lainnya. Bahkan air permukaan yang terdapat di aliran pegunungan yang masih murni memiliki kemungkinan terdapat Giardia dan bakteri E.Coli yang didapat dari feses binatang liar dan harus dimasak serta disterilkan dahulu sebelum diolah menjadi air minum.

Air tanah adalah air yang berada dibawah lapisan tanah. Air hujan yang diserap oleh tanah, ujung sungai yang bermuara di bawah tanah, dan lelehan salju merupakan beberapa contoh sumber yang berpengaruh pada suplai air tanah. Dikarenakan sumbernya yang beragam, air tanah memiliki kandungan yang dimiliki juga oleh air permukaan, ditambah lagi dengan material tambahan yang didapat dari bawah tanah. Air yang mengandung mineral seperti kapur dan magnesium diatas level tertentu disebut sebagai “hard water”. Air merupakan zat pelarut, oleh karena itu air dapat melarutkan ikatan ion dari suatu substansi yang dekat dengannya. Sebagai contoh, kandungan air sumur yang dekat dengan bebatuan seperti batu kapur, gypsum, magnetite, fluorspar, pyrite akan banyak mengandung zat kapur yang sangat tinggi, dan oleh karenanya disebut “hard water”.

Kedua karakteristik air diatas sangat berbeda maka penting untuk mengetahui darimanakah sumber air anda. Apakah air anda termasuk air permukaan atau berasal dari air tanah? Dari 326 juta kubik air di bumi kita ini, hanya 3% termasuk dalam kategori air murni, sedangkan 3 dari 4 bagian air sisanya adalah air beku. Hanya setengah dari 1% jumlah air masuk dalam kategori air tanah dan 1 per 50th dari 1% jumlah air ditemukan di danau serta mata air.

Sumber: http://www.yukiwaterfilter.com/in/artikel-195-sumber-air-anda.html








1 komentar:

  1. oh gitu ya sob, berarti memasak air dari keran atau menggunakannya untuk keperluan masakan dan makanan itu sangat berbahaya ya...

    BalasHapus