Entri Populer

Rabu, 04 Juni 2014

ADUH CEGUKAN OH TIDAK



ATASI CEGUKAN ANDA

Cegukan atau hiccup adalah bentuk dari gerakan diafragma yang terjadi secara tdak disengaja, diluar kemauan kita. Cegukan biasa disebabkan karena minum alkohol, merokok, perubahan temperatur lambung secara mendadak misalnya akibat minum air es segera setelah minum minuman panas. Cegukan pun bisa terjadi dikarenakan perubahan emosi mendadak seperti gugup, cemas dan sebagainya.


Cegukan biasanya berlangsung sesaat atau beberapa menit. Walaupun singkat tetapi cegukan bisa menjadi sesuatu yang mengganggu bila tidak diatasi segera. Cegukan membuat seseorang tidak nyaman berinteraksi dengan orang lain, bahkan akan mengganggu aktifitas yang sedang dikerjakan. Berikut beberapa cara untuk mengatasi cegukan: 
-      Mengkonsumsi Makanan Tertentu
Mengkonsumsi makanan tertentu dipercaya dapat menghentikan cegukan. Selai kacang, sesendok gula, mengkonsumsi yang asam seperti jeruk nipis akan sangat membantu. Pasalnya aktifitas makan seperti mengunyah, mengisap cukup memberikan pengaruh pada diafragma sehingga meredakan cegukan yang terjadi.
-          Minum
Minum segelas air akan melancarkan tenggorokan serta diafragma sehingga kondisi cegukan dapat teratasi secara perlahan-lahan.
-          Pengalihan perhatian
Mengalihkan perhatian dapat menghilangkan cegukan yang terjadi. Cara yang biasa ditempuh adalah dengan dikejutkan, tetapi bagi mereka yang tidak ingin dikejutkan bisa menempuh cara lainnya yaitu genggam tangan anda saja sampai berasa sakit. Intinya adalah alihkan perhatian anda dari kondisi cegukan yang terjadi.

-          Atur Pernafasan Anda
Pengaturan nafas dapat merangsang diafragma sehingga kondisi cegukan teratasi. Biasanya dapat dilakukan dengan menahan nafas, atau tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan.   
-          Oleskan Minyak Kayu Putih
Berikan minyak kayu putih di leher hingga perut sehingga organ-organ dalam dapat berfungsi normal kembali.

     Kondisi cegukan perlu mendapat perhatian serius jika berlangsung lebih dari tiga jam disertai dengan gejala lain seperti sakit perut, demam, sesak napas, muntah atau batuk darah. Jika kondisi cegukan tidak teratasi ada baiknya segera konsultasi dengan dokter. Walaupun cegukan merupakan hal kecil tetapi jangan disepelekan.
   Sob sudah mengerti kan cara atasi nya. Nah jika kalian mengalami cekugan jangan panik dan bingung ya atasi saja dengan mengkonsumsi air putih. Dan jika ada teman atau colega yang mengalami cekugan janagn ditertawakan atau disepelekan bantu mereka dengan cara yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar