Entri Populer

Kamis, 26 Juni 2014

KACA MATA DAN SOFTLENS KINI TAK PERLU




Mata sehat dan indah.. wah pasti itulah yang menjadi harapan kita semuanya. Memiliki mata yang bersinar akan membuat siapapun yang melihat menjadi terpana. Tidak bisa dipungkiri mata adalah salah satu panca indera yang dikaruniakan oleh Tuhan kepada kita agar dapat melihat seluruh ciptaan-Nya. Dengan mata kita dapat melihat terangnya sinar mentari pagi, hijaunya rumput, birunya langit dan terutama melihat semua makhluk hidup ciptaan Tuhan.
Namun yang terjadi adalah kita kurang bisa menjaga karunia Tuhan tersebut. Mata kita gunakan untuk membaca buku sambil tiduran atau menonton TV selama berjam-jam penuh, bahkan untuk BBMan dan SMS dengan pencahayaan yang kurang. Hal- hal seperti inilah yang akhirnya menjadikan mata kita menjadi rusak sehingga akhirnya perlu menggunakan kacamata untuk membantu penglihatan.


Salah satu kondisi mata yang rusak dinamakan mata minus. Mata dalam kondisi minus akan mengalami penurunan dalam penglihatan. Kebanyakan remaja muda yang mengalami mata minus dan biasanya mereka akan dianjurkan oleh dokter mata untuk mengkonsumsi obat tertentu dan menggunakan kacamata sebagai alat untuk membantu penglihatan. Walau biasanya remaja sekarang lebih memilih menggunakan softlens dibanding kacamata, akan tetapi penggunaan softlens dalam jangka panjang akan berdampak kurang baik pada mata. Maka lebih baik jika kita menurunkan minus mata dengan cara alami.
Ada beberapa cara untuk menurunkan minus mata dengan cara alami antara lain:
1.      Mengkonsumsi Vitamin A
Vitamin A bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi wortel, bayam, alpukat, telur, apel dan ikan salmon. Usahakan untuk mengkonsumsinya setiap hari bagi yang minus matanya diatas 4. Wortel bisa anda jus jika anda kurang suka mengkonsumsinya sebagai makanan. Ikan salmon sebagai sumber protein bisa anda tambahkan sebagai lauk dalam makanan.
2.      Kurangi Bertatapan Langsung dengan Layar
Layar yang biasa selalu berada di hadapan kita adalah adalah layar televisi, HP, atau laptop/komputer. Sinar radiasi dari layar tersebut apabila terus-menerus bertatapan langsung dengan mata kita akan merusak kornea mata dan menambah minus di mata. Jika yang biasanya bekerja dengan komputer mungkin akan sulit menghindari layar komputer, disarankan untuk melihat sekeliling (selain layar komputer) setiap 5 menit.
3.      Beristirahat dengan Cukup
Mata akan menjadi lelah akibat selalu bertatapan dengan layar apalagi dalam jangka waktu yang lama. Kondisi mata yang lelah harus segera diistirahatkan, jangan malah anda paksakan lagi menatap layar. Jika dipaksakan terus, mata menjadi merah dan bengkak.
4.      Terapi Daun Sirih
Gunakan 2 daun sirih yang kira-kira bisa menutupi kedua mata anda, bersihkan daun sirih tersebut dan tempelkan pada mata anda, istirahatlah kira-kira 30 menit dengan mata tertutup daun sirih, cara tersebut adalah cara alami namun bermanfaat.
5.      Bersihkan Mata Anda
Setiap hari
Pastikan bola mata anda selalu dalam keadaan bersih dari debu, dan kuman penyakit lainya yang menempel pada mata anda. Gunakan tetesan mata setiap hari agar tidak ada debu, kotoran yang menempel di kornea mata.
6.      Jangan Terlalu lama Menggunakan Softlens
Softlens apabila digunakan terlalu lama malah akan membuat mata anda menjadi merah, iritasi dan gatal. Softlens hanya dapat digunakan maksimal 4 jam per hari.
7.      Mengkonsumsi Air Putih Secara Rutin
Air putih dapat membuat keajaiban dalam hidup termasuk mata anda. Konsumsi air putih secara teratur akan membuat cairan di daerah mata terjaga sehingga kondisi mata tetap stabil.

Itulah tadi beberapa cara alami untuk menurunkan minus mata. Semoga bermanfaat buat anda semua. Salam sehat Yuki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar