Entri Populer

Sabtu, 21 Juni 2014

SARIAWAN TANGANI SEGERA DENGAN TEPAT



KOK SARIAWAN YA?
Kita pasti pernah merasakan sariawan. Sariawan itu berupa cekungan kecil di daerah mulut yang biasanya meradang dan memutih. Apa rasanya jika terkena sariawan? Rasanya pasti tidak nyaman bukan? Walaupun hanya cekungan kecil di daerah mulut tetapi akan terasa perih apalagi jika terkena makanan pedas.
Sariawan dapat bertahan berhari-hari jika tidak diobati. Dalam kondisi normal sariawan dapat sembuh sendiri maksimal dua minggu. Tetapi bila dibiarkan terus sariawan akan bercokol di mulut kita. Sariawan yang terus-menerus dan telah lewat dari dua minggu dicurigai bersifat ganas, apalagi jika titik lukanya semakin meluas sehingga butuh penanganan ekstra. Jadi, jangan sampai membiarkan sariawan selama berbulan-bulan karena sariawan juga bisa menjadi pertanda penyakit yang lebih serius maka jangan dianggap enteng. 

Pernah mendengar pepatah ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’? Karena itu yuk kita simak beberapa penyebab sariawan sebagai berikut:
·         Sikat Gigi
Bulu sikat gigi yang terlalu keras dapat melukai gusi ketika kita menggosok gigi. Luka pada gusi akan meradang dan menjadi sariawan. Oleh karena itu, pilihlah bulu sikat yang lunak serta usahakan menggosok gigi dengan perlahan.
·         Makan terburu-buru
Makan dengan cepat dapat mengakibatkan kulit mulut tergigit sehingga menyebabkan luka. Sebaiknya hindari makan dengan terburu-buru agar tidak melukai mulut sendiri dan menyebabkan sariawan. 
·         Panas dalam
Sariawan bisa timbul dikarenakan peradangan pada pencernaan ataupun panas dalam. Sebaiknya hindari jajan sembarangan terutama makanan pedas. Banyaklah minum air putih serta kurangi makan gorengan.
·         Stress
kondisi stress pada beberapa orang tidak hanya menghasilkan sakit perut atau rasa mual, tetapi bisa juga menyebabkan sariawan.
·         Kondisi tubuh menurun
Ketika tubuh sedang tidak sehat, ada kemungkinan mengalami sariawan. Sariawan pada umumnya menjadi pertanda kondisi tubuh yang sedang menurun (tidak fit) karena kekurangan vitamin C dan vitamin B12. Maka mulailah jalani pola hidup sehat dari sekarang. Banyak makan sayur dan buah-buahan akan membantu mencukupi kebutuhan harian dalam tubuh.

     Sariawan memang hanya cekungan kecil dalam mulut tetapi dapat menimbulkan rasa nyeri dan perih berkepanjangan jika dibiarkan begitu saja. Karena sekarang kita sudah tahu penyebabnya, yuk kita cegah sariawan mulai dari sekarang. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar