Entri Populer

Senin, 09 Juni 2014

SERANGAN PENYAKIT MENULAR PART 1





Penyakit menular patut diwaspadai dikarenakan tidak hanya menyerang sang penderita tetapi juga bisa menyerang orang-orang disekitarnya. Penyakit menular disebabkan oleh banyak hal seperti bakteri, virus, dan jamur. Penularan penyakit dapat terjadi melalui kontak tubuh, air dan udara.
Penyakit gangguan pernapasan merupakan salah satu penyakit yang mudah menular melalui udara. Penyakit ini akan menyerang jika daya tahan tubuh sedang menurun, biasanya juga bisa terjadi saat peralihan musim. Ada beberapa jenis penyakit pernapasan yang menular sehingga patut diwaspadai.



Influenza
Flu atau nama lainnya influenza adalah penyakit yang paling sering ditemui saat peralihan musim. Penyakit flu dapat menular melalui virus yang bertebaran di udara. Sakit flu biasanya ditandai dengan hidung berair disertai batuk/bersin. Jika kondisinya parah akan disertai dengan demam dan sakit tenggorokan.

Pneumonia
Pneumonia atau radang paru-paru kebanyakan disebabkan oleh bakteri dan virus. Tetapi ada juga yang disebabkan oleh jamur. Penyakit pneumonia ditandai dengan sesak napas, nyeri pada bagian dada, batuk. Jika dibiarkan penderita akan mengalami demam, kekakuan pada otot, detak jantung tidak normal.

 
TBC
Penyakit TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri tersebut 90% akan menginfeksi organ paru-paru, tetapi juga dapat menginfeksi organ lainnya seperti kelenjar getah bening, usus, ginjal, maupun otak. Gejala utama TBC ditandai dengan batuk yang berkepanjangan disertai dengan dahak. Gejala lainnya berupa batuk darah, sesak napas, nyeri di dada, meriang, berkeringat di malam hari, badan lemah dan napsu makan berkurang sehingga berat badan turun drastis. Penyakit ini mudah menular melalui udara.


SARS
SARS singkatan dari Severe Acute Respiratory Syndrome merupakan salah satu penyakit pernapasan akut. Disebabkan oleh virus SARS dan mudah sekali menular melalui udara. Penyakit ini memiliki gejala awal yang mirip dengan flu biasa namun disertai dengan demam lebih dari 38 derajat celsius. Jangan diremehkan karena jika tidak ditangani akan berakibat pada kematian.

Pencegahan penyakit menular melalui udara dapat dilakukan dengan menggunakan masker. Selain itu, pola hidup sehat juga harus diperhatikan agar daya tahan tubuh tetap terjaga sehingga penularan penyakit dapat diminimalisir. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar