Entri Populer

Selasa, 10 Juni 2014

WASPADAI PENYAKIT MENULAR MENGHANTAM ANDA



AWAS PENYAKIT MENULAR BAGIAN II

Penyakit menular patut diwaspadai dikarenakan tidak hanya menyerang sang penderita tetapi juga bisa menjangkiti orang-orang disekitarnya. Penyakit menular bisa disebabkan oleh banyak hal seperti bakteri, virus, dan jamur. Penularan penyakit dapat terjadi melalui kontak tubuh, air dan udara.
Penyakit kulit adalah salah satu jenis penyakit yang mudah menular dari individu satu ke individu lainnya. Penularan penyakit ini melalui kontak langsung atau pemakaian bersama barang yang digunakan oleh penderita seperti baju, handuk, sikat gigi, dan sebagainya. Penyakit kulit berikut dapat menular melalui kontak fisik sehingga harus diwaspadai.

Cacar Air
Cacar air disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini gampang menular melalui udara dan kontak fisik dari penderita ke orang sehat melalui cairan lepuhan kulit. Gejala awal penyakit cacar air meliputi lesu, tidak enak badan, pusing atau sakit kepala, nyeri sendi dan demam. Sehari sampai tiga hari setelah gejala awal akan timbul bintik merah menonjol yang berisi cairan. Bintik tersebut akan pecah dan mengeluarkan lepuhan. Penderita akan merasa gatal seiring dengan munculnya bintik-bintik merah di bagian dada, perut, atau punggung.



Herpes
Herpes dapat menyerang bagian kulit mana saja dimana virus herpes tersebar, bahkan sampai ke bagian alat kelamin. Tanda dan gejala yang umum terjadi pada penderita meliputi badan menggigil, sulit bernapas, nyeri sendi. Herpes kulit dapat menular melalui berbagai cara yaitu: berciuman, bersentuhan langsung dengan penderita, keringat, hubungan seksual, penggunaan benda atau alat secara bersama.

Kadas, Kurap, Panu
Merupakan jenis penyakit kulit yang umum diderita sebagian besar orang. Penyakit ini disebabkan oleh jamur. Jamur yang merupakan penyebabnya dapat ditemukan di beberapa tempat yang lembab sehingga menunjang jamur tersebut berkembang-biak. Penyakit ini dapat menular melalui penggunaan barang bersama seperti handuk.

Penularan penyakit melalui kontak tubuh atau kontak fisik dapat dicegah dengan tidak menggunakan barang-barang pribadi seperti handuk, sikat gigi, pakaian milik orang lain. Dikarenakan penyakit kulit diatas disebabkan oleh virus dan jamur maka kita sebagai individu juga harus dalam keadaan sehat agar tidak mudah terkena penyakit-penyakit yang tertera diatas. Ingatlah untuk selalu makan makanan bergizi, banyak minum air putih, istirahat yang cukup, dan mandi setiap hari. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar